Apr 20, 2011

selamat hari kartini :)

Isabel Martínez de Perón

  for Argentina

"Tidak semua negara diperintah oleh Perdana Menteri, oleh sebab itu kami juga memberi tempat spesial bagi wanita pertama yang menjadi Presiden sebuah negara. Di tahun 1974, Isabel Perón dari Argentina menjadi Presiden Wanita Pertama di Dunia."

 

María Estela Martínez Cartas de Perón (lahir pada 4 Februari 1931) yang dikenal dengan Isabel Martínez de Perón adalah Presiden Argentina periode 1974-1976 dan istri ketiga Presiden Juan Perón. Di masa jabatan kepresidenan periode ketiga suaminya, Isabel menjabat sebagai wakil presiden. Setelah suaminya meninggal di kala menjabat, Isabel kemudian menggantikannya sebagai presiden (1 Juli 1974-24 Maret 1976).
Pertemuan itu bermula ketika Juan Peron meninggalkan negaranya dan tiba di Panama. Ketika dalam pembuangan, Peron berjumpa dengan penari (dancer) klub malam di Paraguay bernama Isabel. Perón amat tertarik dengan kecantikannya dan percaya bahwa Isabel mampu mengisi kekosongan hidupnya setelah kematian isteri keduanya, Eva Perón.
Perón kemudian mengajak Isabel bersamanya ke Madrid, Spanyol pada tahun 1960. Negara ini menganut ajaran Katolik Roma yang kuat dan melarang seorang hidup bukan dengan istrinya yang sah. Atas desakan pihak agama, Perón menikah untuk ketiga kalinya pada 15 November 1961. Sebuah pernikahan antara mantan presiden dan penari klub malam yang terpaut umur tiga dekade.
Di Madrid, Perón aktif kembali dalam kancah politik Argentina dan menggunakan Isabel sebagai perantara dari Spanyol ke Amerika Selatan.

No comments:

Post a Comment

silahkan !